السبت، 18 فبراير 2012

Donat


Resep ini diambil dari cookpad : http://cookpad.com/recipe/254253

Bahan:
200 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein rendah
... 50 gr butter

30 gr gula

sedikit garam

6 gr ragi

1 bh telor

100 cc susu

Cara buat nya : campur dan ayak semua tepung,sisihkan. butter keluarkan dari kulkas bbrp saat sebelum mulai masak.telur kocok lepas,sisihkan

campur susu,telur dan butter ,aduk , lalu panaskan di microwave 40 detik(sampai hangat kuku).butter nya yg non garam yaa..ati ati,garam itu bisa bikin ragi tidak bekerja.kalo saya,karna pake margarin yg ada garamnya,jadi panasinnya terpisah(tersendiri,ga usah dicampur ke susu)

Tambahkan gula dan ragi ke adonan no.2 . aduk rata.tambahkan 1/3 tepung,aduk rata..lalu masukkan sisa tepung,masukkan sedikit garam,aduk kembali(kalo yg butter nya pake garam,masukin pas tahap ini yaa)

setelah ga lengket , bulatin jadi satu ,tutup pake plastik wrap(jgn kencang kencang,plastiknya menggelembung ke atas aja) . panaskan di microwave . lama pemanasan:kalo microwave 200 W: 30 detik , microwave 300W : 20 dtk ,microwave 500 W: 15 detik.

bulet buletin jadi 12 sampai 13 bulatan ( kalo saya secukup tempatnya aja , jadi 6 bulatan gede,nanti pas mo goreng baru dibagi lagi) . lalu tutup ama plastik dan biarkan di tempat yg hangat selama 10 sampai 20 menit. --> (kalo saya karna skrng lg musim nya dingin , jadi fermentasinya dalam oven (suhu 40 drjat) , ga di tutup.trus setelah 20 menit , biarin di luar tp di tutup,semakin lama akan semakin kembang :D )

kempesin adonan , cetak dan goreng dg api suhu rendah (160 derjat )

kasi coklat leleh


ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق